Pembaruan Fitur Firefox Quantum

Pembaruan Fitur Firefox


Sudah bertahun-tahun sejak saya memikirkannya kembali ke browser web saya. Safari itu bagus, Microsoft Edge apa pun, kupikir Opera masih ada? Tidak ada yang pernah menawarkan banyak alasan untuk beralih dari Chrome, alat web cepat dan mudah Google. Saya bukan satu-satunya yang merasa seperti ini: Chrome menguasai hampir 60 persen pasar browser, dan lebih dari empat kali lebih populer dari finisher kedua, Firefox. Chrome memenangkan perang browser.

Jadi harapan saya untuk Firefox Quantum, browser baru dari Mozilla, tidak terlalu tinggi. Mozilla membuat janji besar tentang kecepatan dan efisiensi Quantum, itulah yang membuat janji besar setiap orang saat meluncurkan peramban baru, dan mereka tidak pernah benar-benar membuat perbedaan dalam pengalaman. Tentu saja, beberapa lusin tab Chrome bisa membawa perangkat keras komputer paling keras yang digiling untuk menghentikan bola pantai, namun Chrome melakukan pekerjaan itu. Apa yang bisa Firefox lakukan untuk memenangkan saya?

Ternyata ada banyak hal yang bisa dilakukan Firefox Quantum untuk memperbaiki pengalaman browser, dan banyak hal itu yang terjadi. Firefox baru benar-benar berhasil mengembangkan keseluruhan pengalaman browser, mengenali kehidupan multi-perangkat dan ultra-mobile, kita semua memimpin dan membangun browser yang saling terkait. Ini adalah browser yang dibangun dengan privasi dalam pikiran, secara otomatis menghentikan pelacak tak terlihat dan membuat riwayat Anda tersedia untuk Anda dan tidak ada orang lain. Ini lebih baik daripada Chrome, lebih cepat dari Chrome, lebih cerdas dari Chrome. Ini adalah browser masuk baru saya.

Kecepatannya nyata, ngomong-ngomong. Mozilla melakukan banyak pekerjaan rekayasa untuk memungkinkan browsernya memanfaatkan semua kekuatan pemrosesan multi-core pada perangkat modern, dan ini menunjukkan. Setiap halaman sepertinya memuat satu ketukan lebih cepat dari yang saya harapkan, yang membuat keseluruhan pengalaman browsing jadi lebih efisien. Ini tidak berbeda dengan kehidupan, dan saya tidak bisa mengatakan bahwa saya mengetahui keunggulan 100 persen yang dimiliki Mozilla karena memiliki Chrome lebih banyak, tapi pasti terasa lebih keren. Saya pasti memperhatikan penggunaan memori Firefox yang lebih baik; Saya secara rutin menemukan diri saya dengan 30 atau 40 tab terbuka saat saya sedang meneliti sebuah cerita, dan pada saat itu Chrome secara efektif menyeret komputer saya ke pasir hisap. Sejauh ini, saya belum bisa memperlambat Firefox Quantum sama sekali, tidak peduli berapa banyak tab yang saya gunakan.

Sekali lagi, kecepatan dan memori tidak cukup untuk mengatasi kerumitan peralihan browser (walaupun seharusnya). Sebaliknya, itu hal kecil, hal-hal yang Anda lakukan dengan dan di sekitar halaman web itu sendiri, yang membuat Firefox benar-benar bekerja. Misalnya: Jika Anda melihat halaman di ponsel Anda dan ingin memuat halaman yang sama di laptop Anda, Anda cukup menyentuh "Send to Device," pilih laptop Anda, dan buka dan muat di latar belakang seolah-olah itu selalu ada disana Anda dapat menyimpan halaman ke daftar bacaan, atau ke Pocket layanan baca-it-later yang hebat (yang dimiliki Mozilla), keduanya dengan sekali tekan. Pocket juga menampilkan banyak artikel yang mungkin Anda sukai saat membuka tab baru, yang merupakan cara yang menyenangkan untuk menghadirkan penjelajahan sebenarnya ke peramban.

Quantum terasa seperti sekelompok pengguna power berkumpul dan membangun browser yang memperbaiki semua hal kecil yang mengganggu mereka tentang browser lainnya. Ini memiliki pembaca kode QR yang ada di dalamnya. Ada item menu untuk menyalin URL, dan jika Anda pernah mencoba menyalin dan menempelkan URL panjang di ponsel, Anda pasti tahu betul apa itu. Firefox bahkan membuat screenshot lebih intuitif: ia dapat menangkap sebuah bagian, semua yang ada di layar Anda, atau seluruh halaman web sekaligus. Anda bahkan dapat mengaktifkan "Mode Malam" dan membalikkan warna pada kebanyakan situs web yang menyilaukan. Semua hal ini begitu fiddly di browser lain, membutuhkan bookmarklet dan ekstensi untuk bekerja. Firefox hanya menempatkan mereka semua di browser.

Firefox selalu menjadi aplikasi yang sangat mudah disesuaikan, dan Quantum mengambil ide itu lebih jauh lagi. Anda dapat memindahkan semua tombol di sekitar, mengubah setiap warna dan font, dan bahkan mengendalikan kerapatan visual aplikasi itu sendiri. Anda dapat memilih aplikasi mana yang terbuka saat Anda mengeklik alamat email, yang setiap pengguna Gmail akan hargai. Mozilla memiliki perpustakaan add-on yang besar, dan jika Anda menggunakan ekstensi Foxified, Anda bahkan dapat menjalankan ekstensi Chrome di Firefox. Yang terbaik yang bisa saya katakan, tidak ada yang bisa Anda lakukan di Chrome yang tidak Anda bisa di Firefox. Dan Firefox melakukan semuanya dengan lebih cepat.

Secara estetis, Firefox terlihat seperti Chrome, yang merupakan hal yang baik. Alih-alih memisahkan bilah penelusuran dan bilah alamat, Quantum menggabungkannya, seperti Chrome.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembaruan Fitur Firefox Quantum"

Posting Komentar

loading...